PROSEDUR PTK

Proposal ptk – Presentation Transcript

  1. STRUKTUR PROPOSALPENELITIAN TINDAKAN KELAS
  2. STRUKTUR PROPOSAL PTK
    A. PENDAHULUAN
    1. Latar belakang masalah
    2. Rumusan masalah
    3. Tujuan penelitian
    4. Manfaat penelitian
    B. KAJIAN TEORI & HIPOTESIS TINDAKAN
    1. Kajian teori
    2. Kerangka berpikir
    3. Hipotesis tindakan
  3. STRUKTUR PROPOSAL PTK(Lanjutan)
    C. METODOLOGI PENELITIAN
    1. Setting penelitian
    2. Subjek penelitian
    3. Metode penelitian
    4. Prosedur penelitian
    5. Teknik pengumpulan data
    6. Teknik analisis data
    DAFTAR PUSTAKA
  4. JUDUL PENELITIAN
    Berisi unsur-unsur: masalah, solusi, metode, setting, dan tahun pelaksanaan penelitian
    Format Judul:
    Penggunaan X untuk Meningkatkan Y
    (Penelitian Tindakan Kelas di …, 2008)
    *) Formulasi judul bisa diubah.
  5. CONTOH RUMUSAN JUDUL PENELITIAN
    Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika
    (Penelitian Tindakan Kelas di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karanganyar, 2008)
  6. LATAR BELAKANG MASALAH
    Latar belakang masalah berisi:
    Kondisi yang diidealkan
    Masalah yang dihadapi dan indikatornya
    Penyebab munculnya masalah
    Solusi yang ditawarkan peneliti: konsep solusi dan rasionalnya
    *) Urutannya bisa diubah 2, 3, 1, 4
  7. LATAR BELAKANG MASALAH
    Empat elemen dalam “Bagian Latar Belakang Masalah” tersebut ditulis secara naratif mengalir. Beberapa “critical incidents” perlu dimasukkan, terutama pada unsur “masalah” dan “penyebab timbulnya masalah”. Demikian juga bukti-bukti empiris awal yang menunjukkan adanya masalah, seperti “nilai awal” siswa.
  8. CONTOH RUMUSAN LATAR BELAKANG MASALAH
    Kemampuan matematika sangat penting bagi hidup seseorang; dan oleh karena itu, siswa di sekolah dasar dituntut memiliki kemampuan tersebut.
    Realitas menunjukkan bahwa prestasi belajar matematika sebagian besar siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Karanganyar sangat rendah. Hal itu tercermin dari nilai matematika mereka pada tes tengah semester yang rata-rata hanya 4,5.
  9. CONTOH RUMUSAN LATAR BELAKANG MASALAH
    3. Berdasarkan studi pendahuluan diketahui bahwa rendahnya kemampuan tersebut disebabkan oleh terbatasnya kemampuan mengabstraksikan konsep dalam matematika. Siswa belum mampu berpikir abstrak.
    4. Oleh karena itu peneliti mengusulkan penggunaan media pembelajaran untuk mengkonkritkan konsep-konsep yang abstrak agar pemahaman mereka menjadi lebih baik.
  10. RUMUSAN MASALAH
    Rumusan masalah berbentuk pertanyaan:
    Apakah solusi yang diusulkan peneliti dapat memecahkan masalah? Bila dapat, seefektif apa solusi tersebut?
    Bagaimana keefektifan pembelajaran/ motivasi belajar siswa, dll ketika solusi masalah tersebut diterapkan?
    Apa kelebihan dan kelemahan solusi tersebut bila diterapkan di dalam setting?
  11. CONTOH RUMUSAN MASALAH
    Apakah penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Karanganyar? Bila dapat, seberapa efektif peningkatan tersebut?
    Bagaimana keefektifan pembelajaran siswa di dalam kelas ketika guru mengajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran?
    Apa kelebihan dan kelemahan penggunaan media dalam pemebelajaran matematika di kelas 3 MI Muhammadiyah Karanganyar?
  12. TUJUAN PENELITIAN
    Tujuan umum: memecahkan masalah yang terjadi di dalam setting.
    Tujuan khusus: menjawab pertanyaan yang dikemukakan dalam rumusan masalah.
    *) Tujuan penelitian diekspresikan dalam bentuk kalimat deklaratif.
  13. CONTOH RUMUSAN TUJUAN UMUM PTK
    Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Karanganyar.
  14. CONTOH RUMUSAN TUJUAN KHUSUS PTK
    Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi tentang:
    dapat tidaknya media pembelajaran meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas III MI Muhammadiyah Karanganyar, dan tingkat keefektifan penggunaan media tersebut;
    keefektifan pembelajaran di dalam kelas ketika guru mengajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran; dan
    kelebihan dan kelemahan penggunaan media dalam pemebelajaran matematika di kelas 3 MI Muhammadiyah Karanganyar.
  15. MANFAAT PENELITIAN
    Bagian ini berisi deskripsi tentang manfaat yang dapat dipetik setelah PTK selesai dilaksanakan. Ada baiknya manfaat tersebut dirinci untuk pihak-pihak tertentu yang terkait dengan dilaksanakannya PTK, seperti untuk (1) guru, (2) siswa, (3) sekolah, (4) peneliti lain, dan (5) pengambil kebijakan.
  16. CONTOH RUMUSAN MANFAAT PENELITIAN
    Manfaat penelitian:
    Bagi guru…
    Bagi siswa…
    Bagi sekolah…
    Bagi peneliti lain …
    Bagi pengambil kebijakan …
  17. DESKRIPSI TEORETIS
    Bagian ini mengemukakan deskripsi teoretis konsep-konsep kunci yang terdapat dalam judul/rumusan masalah penelitian.
    Prosedurnya adalah: (1) memilih sumber-sumber teori yang relevan, (2) mendeskripsi kan masing-masing teori terpilih, (3) melakukan analisis kritis terhadap masing-masing teori, (4) melakukan analisis komparatif berdasarkan hasil analisis kritis, (5) mengembangkan konstruk: memilih salah satu teori atau membuat sintesis dari berbagai teori.
  18. CONTOH OUTLINE DESKRIPSI TEORETIS
    A. Media Pembelajaran
    1. Pengertian media pembelajaran
    2. Jenis-jenis media pembelajaran
    3. Fungsi media pembelajaran … dst
    B. Prestasi Belajar
    1. Pengertian prestasi belajar
    2. Bentuk prestasi belajar
    3. Cara pengukuran … dst
  19. KERANGKA BERPIKIR
    Bila bagian “deskripsi teoretis” difokuskan pada kajian tentang masing-masing “variabel”, bagian “kerangka berpikir” berisi uraian logis tentang hubungan “antarvariabel”. Pertanyaan yang harus dijawab adalah bagaimana “variabel X” mampu meningkatkan “variabel Y”. Untuk memperkuat argumennya, peneliti dapat “mengutip” hasil-hasil penelelitian terdahulu yang relevan.
  20. CONTOH RUMUSAN RASIONAL
    Media pembelajaran dapat membantu mengkonkretkan konsep-konsep matematika yang abstrak. Diharapkan, siswa dapat lebih mudah menangkap dan memahami konsep-konsep tersebut. Dengan demikian dapat dipahami apabila penggunaan media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Karanganyar.
  21. HIPOTESIS TINDAKAN
    Hipotesis tindakan berupa pernyataan bahwa solusi yang ditawarkan benar-benar dapat menyelesaikan masalah.
  22. CONTOH RUMUSAN HIPOTESIS TINDAKAN
    Media pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Karanganyar.
  23. SETTING PENELITIAN
    Setting penelitianmenjelaskan:
    Tempatpenelitian, yang berisi(1) nama kelas, (2) nama sekolah, (3)alamatsekolah, (4) deskripsigeografissekolahdanlingkungannya, dan (5) deskripsireputasisekolah
    Waktupenelitian, yang berisiuraiankegiatanpenelitiandanwaktupelaksanaannya (dalambentukmatriks)
    *) Deskripsi setting penelitianmenjadi “konteks” simpulanpenelitian
  24. CONTOH RUMUSAN SETTING PENELITIAN
    Lokasi Penelitian:
    Penelitian ini dilaksanakan di MI Muhammadiyah yang terletak di JL. Citarum 1 No 9 Karanganyar no telp (0271) 494485. MI Muhammadiyah Karanganyar memiliki letak yang sangat strategis dan mudah untuk dijangkau dari seluruh penjuru Karanganyar. Disamping itu MI Muhammadiyah merupakan salah satu sekolah swasta yang mendapat akreditasi A dari Departemen Pendidikan Nasional ….dst.
  25. CONTOH RUMUSAN SETTING PENELITIAN
    Waktu Penelitian:
    Penelitian ini dilaksanakan selama 6 bulan, mulai bulan Januari hingga Juni 2008. Jadwal lengkap penelitian adalah sebagai berikut…
  26. SUBJEK PENELITIAN
    Bagian ini menguraikan:
    Nama kelas
    Jumlah siswa dalam kelas itu
    Kondisi psikologis siswa
    Kondisi sosiologis siswa
    Kedudukan peneliti dalam PTK
    *) Deskripsi subjek penelitian menjadi “konteks” simpulan penelitian
  27. CONTOH RUMUSAN SUBJEK PENELITIAN
    Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 MI Muhammadiyah Karanganyar, yang berjumlah 40 anak: 24 perempuan dan 16 laki-laki. Mereka berasal dari keluarga yang berekonomi menengah ke atas. Pada umumnya mereka termasuk siswa-siswa yang ceria dan bersemangat dalam belajar…
  28. METODE PENELITIAN
    Bagian ini berisi uraian tentang:
    Nama metode penelitian, yaitu PTK
    Konsep PTK
    Rancangan penelitian
    Alasan digunakannya PTK dalam penelitian
  29. CONTOH RUMUSAN METODE PENELITIAN
    Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Menurut Hopkin (1999) PTK adalah … Rancangannya adalah sebagai berikut … Peneliti menggunakan PTK karena beberapa alasan sebagai berikut. Pertama … Kedua, … Ketiga, …, dll.
  30. PROSEDUR PENELITIAN
    Bagian ini berisi langkah-langkah penelitian:
    Refleksi awal
    Fact finding anlysis
    Perencanaan tindakan
    Pelaksanaan tindakan
    Pengamatan hasil tindakan
    Refleksi
    (Perencanaan ulang)
  31. CONTOH RUMUSAN PROSEDUR PENELITIAN
    1. Refleksi awal
    Akhir-akhir ini peneliti merasa bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan dalam memahami konsep matematika yang bersifat abstrak.
    2. Fact finding analysis
    Dari hasil tes diketahui bahwa nilai matematika mereka rata-rata hanya 4,5. Penyebab utamanya adalah kemampuan berpikir abstrak mereka terbatas.
  32. CONTOH RUMUSAN PROSEDUR PENELITIAN
    3. Perencanaan tindakan
    Atas dasar masalah dan penyebabnya, peneliti berencana menggunakan media pembelajaran ketika mengajar.
    4. Pelaksanaan tindakan
    Peneliti menggunakan media pembelajaran ketika mengajar, khususnya untuk topik…
    5. Peneliti menggunakan teknik tes, pengamatan, dan wawancara untuk melihat efek penggunaan media dalam pembelajaran.
  33. CONTOH RUMUSAN PROSEDUR PENELITIAN
    6. Refleksi
    Peneliti mengkaji hasil tindakan beserta kelebihan dan kelemahan tindakan tersebut. Refleksi dilaksanakan secara bersama-sama dengan kolaborator.
  34. TEKNIK PENGUMPULAN DATA
    Berisi uraian tentang:
    Jenis data yang diperlukan: data kuantitatif dan data kualitatif
    Teknik pengumpulan data: (a) tes, (b) pengamatan, (c) wawancara, (d) analisis dokumen, (e) focus group discussion, dll
  35. CONTOH RUMUSAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA
    1. Jenis Data
    Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini ada dua macam, yaitu data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa nilai hasil tes matematika, sedangkan data kualitatif berupa informasi tentang keefektifan pembelajaran di dalam kelas ketika guru mengajar matematika dengan menggunakan media pembelajaran.
  36. CONTOH RUMUSAN TEKNIK PENGUMPULAN DATA
    2. Teknik Pengumpulan Data
    Data kuantitatif (nilai) dikumpulkan dengan teknik tes, dan data kualitatif (informasi tentang penerapan penggunaan media pembelajaran) dikumpulkan dengan teknis pengamatan dan wawancara.
  37. TEKNIS ANALISIS DATA
    Bagian ini berisi uraian tentang:
    Nama teknik analisis data yang digunakan
    Penjelasan ttg konsep teknik analisis data
    Prosedur analisis data
  38. CONTOH RUMUSAN TEKNIK ANALISIS DATA
    Data yang berupa nilai dianalisis dengan teknik statistik deskriptif. Prosedurnya adalah sebagai berikut …. Sementara itu, data kualitatif dianalisis dengan teknik constant comparative method (CCM). CCM adalah …. Prosedurnya adalah sebagai berikut…
  39. TERIMA KASIH

http://www.slideshare.net/emef/proposal-ptk

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: