PERANAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DALAM PEMBELAJARAN

Oleh : Hamka

berbisikPeranan dan keberadaan  teknologi informasi dan komunikasi (TIK) telah membawa dunia ke gerbang globalisasi tanpa batas. Dunia pendidikan secara makro dan mikro dalam abad dua puluh ini mulai menyadari pentingnya teknologi informasi dan komunikasi. Menguasai TIK merupakan satu langkah lebih maju dalam segala bidang kehidupan. Informasi yang cepat dan akurat merupakan senjata andalan TIK membawa pengaruh yang besar bagi pengguna TIK khususnya dalam pembelajaran.

1. Pengertian Pembelajaran
Menurut Yusuf hadi Miarso, Pembelajaran adalah merupakan upaya sengaja dan bertujuan yang berfokus kepada

Pembelajaran peserta didik/pemelajar merupakan kegiatan membangun diri sendiri berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang diperolehnya melalui interaksi dengan lingkungannya.

2. Peran guru dalam pembelajaran
Guru merupakan orang yang paling dekat dengan siswa. Keberadaan guru membawa pengaruh yang kuat terhadap perkembangan karakteristik siswa. Dalam proses pembelajaran guru mengemban tiga fungsi penting yaitu sebagai pengasih, pengasuh, dan pengasah.

Sebagai pengasih guru menciptakan kondisi pembelajaran yang mengarah pada proses pembelajaran yang menyenangkan. Dengan kata lain, pembalajaran disampaikan mendapat respon yang baik dari siswa. Guru membangun kondisi yang menyenangkan siswa untuk terus mengikuti pembelajaran sesuai dengan karakteristiknya.

Sebagai pengasuh seorang guru berperan sebagai fasilitator, inovator, yang dapat memotivasi siswa untuk melakukan hal yang lebih kreatif dan menantang. Secara umum guru memiliki peran sebagai pengobat dahaga dan lapar sang pengembara.

Sebagai pengasah, guru melaksanakan evaluasi yang dapat menilai keberhasilan siswa sesuai dengan karakteristik masing-masing. Evaluasi yang dilakukan mencakup ranah kognetif, afektif, dan psikomotor. Evaluasi penting dilakukan untuk menentukan desain pembelajaran yang dapat menjawab ketuntasan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Secara umum, peranan guru dalam pembelajaran dapat dibedakan lagi menjadi sebagai fasiltator, konselor, inovator, instruktor, komunikator, dan masih banyak sebutan yang lainnya. Merupakan ujung tombak keberhasilan pembelajaran dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

3. Teknologi Informasi, Teknologi Komunikasi, dan Pembelajaran
TIK dalam proses pembelajaran dapat dibedakan menjadi dua aspek, yaitu Teknologi Informasi (TI) dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

TIK merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam penyampaian informasi. Merupakan satu jaringan perangkat keras dan lunak yang berkaitan dengan pemerosesan dan penyampaian informasi. Proses pembelajaran baik yang berlangsung di kelas maupun di luar kelas merupakan transfusi informasi. TIK dalam pembelajaran di kelas berhubungan alat bantu pembelajaran, manipulasi pembelajaran, dan pengolahan informasi.

Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di kelas diantaranya:
1. Presentasi
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa  menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint.

2. Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Sehingga dengan cara ini siswa diarahkan untuk melakukan kegiatan yang  benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.

DAFTAR PUSTAKA

Miarso, Yusufhadi. (2005). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:
Pustekkom-Kencana
Reigeluth, Charles M. and Robert J. Garfinkle. (eds.)(1994). Systemic Change in
Education. Englewood Cliffs, NJ: Educational Technology Publications
http://www.crocodileclips.com/s3_1.jsp
http://www.upscale.utoronto.ca/GeneralInterest/Harrison/Flash/ClassMechanics/RightHandRule/RightHandRule.html
Rahmanto, Zainal Aqib.2008. Membangun Propesionalisme Guru dan Pengawas Sekolah. Bandung. Yrama Widya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: