SEKOLAH INTERNASIONAL: PSB SD Negeri 2 Rawa Laut lewat Tes

Thursday, 18 March 2010 08:16
Penerimaan siswa baru (PSB) rintisan sekolah bertaraf internasional (RSDBI) SDN 2 Rawa Laut dilaksanakan Senin-Jumat (15-26 Maret). Berbeda dengan PSB sebelumnya, kali ini calon siswa mengikuti tes akademik, meliputi menulis, menghitung, dan bahasa Inggris serta tes kepribadian atau psikotes.
Kepala SDN 2 Rawa Laut Nusyirwan Zakki mengatakan tes akademik itu sesuai dengan Peraturan Menteri No. 78/2009 tertanggal 16 Oktober 2009 tentang Penyelenggaraan SBI.

Dia mengatakan sesuai dengan Bab III, Pasal 16, pada Permen tersebut, maka calon siswa yang akan mendaftar harus memiliki akta kelahiran, mengikuti tes kecerdasan atau tes potensi akademik, surat keterangan sehat dari dokter. Selain itu, bersedia membayar pungutan untuk menutupi kekurangan biaya atas standar pembiayaan pendidikan, kecuali bagi peserta didik dari orang tua yang tidak mampu. Syarat lainnya, pada tanggal 1 Juli 2010 siswa telah berusia 6 tahun 6 bulan.

“Kami tetap menerima siswa tidak mampu, tapi mereka diminta melampirkan surat keterangan tidak mampu yang diketahui Dinas Sosial,” kata Nusyirwan, Rabu (17-3). Dia mengatakan tahun pelajaran 2010-2011 pihaknya akan menerima empat rombongan belajar (4 kelas) sebanyak 104 siswa.

Sedang tahapan seleksi siswa, yakni pendaftaran 2226 Maret. Kemudian, 1215 April, tes kemampuan akademik, meliputi tes baca, tulis, hitung, bahasa Inggris. Kemudian seleksi tahap III, yakni psikotes (26-4). Seleksi tahap IV 14 Juni, berupa wawancara dengan orang tua calon siswa. Sedang seleksi tahap V akan dilaksanakan 14-16 Juni berupa daftar ulang bagi calon siswa yang diterima.

Dia mengatakan bagi calon siswa yang akan mendaftar siswa tidak dikenakan biaya kecuali untuk kegiatan psikotes, biaya ditanggung oleh peserta yang bersangkutan. Pihaknya berharap dengan PSB kali ini, siswa yang masuk ke sekolahnya adalah siswa pilihan. Artinya, mereka memang memiliki kemampuan akademik dan nonakademik yang memadai. “Karena ini merupakan pertaruhan bagi sekolah, agar sekolah bisa menjadi SBI,” kata dia.n UNI/S-1

Sumber: Lampungpost.Com :
http://kesekolah.com/index.php?option=com_k2&id=7010:sekolah-internasional-psb-sd-negeri-2-rawa-laut-lewat-tes&view=item&Itemid=50
Tujuan : Untuk memudahkan anak SDN 2 Rawalaut dalam mengenal SDN 2 Rawalaut dan sebagai bahan ajar pada materi palajaran terkait

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: